Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi
Azwar Abubakar mengatakan, peningkatan kualitas sumber daya manusia
sangat penting sebagai persiapan menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN
(MEA) pada 2015.”Untuk itu nanti kita lakukan rekrutmen sumber daya
manusia (SDM) yang memiliki kualitas di tahap global,” ujarnya seusai
rapat koordinasi membahas kesiapan Indonesia menghadapi Masyarakat
Ekonomi ASEAN (MEA) di Jakarta, Rabu.
Azwar mengatakan, salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk
mewujudkan rencana tersebut adalah dengan mewajibkan adanya ujian TOEFL
dan memperbanyak porsi lulusan program studi Hubungan Internasional (HI)
dalam rekrutmen pegawai negeri sipil.
“Mungkin nanti di tiap kabupaten
harus ada orang-orang HI, bisa bahasa Inggris dengan TOEFL 560, ini
supaya semua orang di kantor bupati bisa membaca surat dari luar
negeri,” katanya.
Azwar menambahkan, untuk menciptakan iklim investasi yang
berkualitas, saat ini pemerintah membutuhkan aparat yang memiliki
kualifikasi tinggi dan memiliki kompetensi untuk berkomunikasi dengan
investor asing.
“Selama ini HI hanya ke Kementerian Luar Negeri,
padahal untuk membuka investasi dibutuhkan orang-orang seperti itu.
Nanti saya minta kelembagaan memberikan kualifikasi seperti itu,”
katanya.
Pemerintah, lanjut Azwar, juga akan mengubah sistem birokrasi agar
pelayanan investasi makin berkualitas dan Indonesia tidak kalah bersaing
dengan negara-negara ASEAN lainnya terkait kemudahan dalam berusaha.
“Sekarang ini birokrasi masih lama, orang yang mau investasi jadi
pindah. Potensi kita itu besar, tapi tata laksana ini harus diperbaiki
terlebih dahulu,” ujarnya.
Selain itu, Azwar memastikan, pemerintah akan mengubah struktur kelembagaan kepegawaian di Kementerian Lembaga agar Indonesia dapat lebih cepat memiliki aparat yang mampu bersaing di tingkat regional.
“Kita saat ini sedang menyusun perbaikan, jadi nanti struktur
kelembagaan itu nantinya harus dibuat lebih banyak mendukung dunia
usaha,” katanya.
0 Response to "Info Terkini CPNS 2014"
Post a Comment